Kisah Laksamana Cheng Ho Di Indonesia

   Assalamu'alaikum wr.wb
Merdeka!!!

Laksamana Cheng Ho

Masjid Cheng Ho Jawa Timur
  Kisah Laksamana Cheng Ho Di Indonesia - Pasti tidak asing kan dengan nama Laksamana Cheng Ho, Laksamana Zheng He atau lebih kita kenal dengan Laksaman Cheng Ho adalah salah satu tokoh Penjelajahan Samudra yang berasal dari Cina. Penjelajahan tersebut ia mulai pada tahun 1405 untuk pergi ke wilayah Timur. Penjelajahan ini merupakan penjelajahan Paling spektakuler yang pernah dilakukan pada jaman dulu. Penjelajahan ini melibatkan 300 kapal dan 30 ribu kru.Tidak Hanya itu kapal yang digunakan memiliki panjang 138 meter dan lebar 56 meter, bayangkan betapa besarnya kapal tersebut. Jika ada yang menyebutkan bahwa Magellan adalah tokoh Penjelajah Dunia pertama kali itu salah, justru Laksamana Cheng Ho lah yang pertama kali menjelajahi dunia, dengan 7 kali ekspedisi. Salah satu daerah ekspedisi Laksamana Cheng Ho adalah Indonesia, yang merupakan daerah kesukaan Laksamana Cheng Ho.

 Baca Juga : Gambar Pak Soekarno berpidato

 
Klenteng Sam Po Kong
  Laksamana Cheng Ho adalah seorang Tiongkok yang memeluk agama Islam. Laksamana Cheng Ho telah banyak melukis ceritanya di Indonesia, salah satunya adalah menyebarkan agama Islam, bahkan Laksamana Cheng Ho menyebarkan agama Islam sebelum adanya WaliSanga. Bayangkan betapa hebatnya Laksamana Cheng Ho, ia pun pantas disebut sebagai simbol akulturasi, bagaimana tidak, berkatnya di Indonesia banyak akulturasi kebudayaan Tiongkok yang bercampur dengan kebudayaan Islam murni. Nama Laksamana Cheng Ho di abadikan di sebuah klenteng di Semarang yaiutu klenteng Sam Po Kong dan juga nama masjid Jawa Timur. Bedug masjid yang sekarang di kenal sebagai salah satu simbol Islam merupakan peninggalan Laksamana Cheng Ho.

 Baca Juga: Awal Mula Terjadinya Penjajahan Di Indonesia

Bedug Peninggalan Cheng Ho


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
January 31, 2018 at 4:51 PM delete

Tingkatkan terus mas artikel mengenai sejarah Indonesia

Reply
avatar
February 10, 2018 at 3:51 AM delete

kisah laksamana ini emang terkenal seantero indonesia

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan bijak, jangan gunakan kata kata yang menjurus ke permusuhan, dan jangan saling memaki. Pererat Tali Persaudaraan