Perlawanan Rakyat Aceh Terhadap Portugis Dan VOC


Assalamualaikum wr.wb
Merdeka!!!
Perlawanan Rakyat Aceh Terhadap Portugis Dan VOC -   Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan sebuah kisah perjuangan rakyat Aceh dalam melawan penjajahan Portugis dan VOC, semoga dapat meningkatkan rasa nasionalisme kita.. :)





   Perlawanan ini terjadi setelah Malaka jatuh ke tangan Portugis pada tahun 1511 yang justru membawa hikmah bagi Aceh, hal tersebut karena banyak pedagang yang mengalihkan kegiatan perdagangan dari Malaka ke Aceh. Yang kemudian Aceh mampu mengendalikan pusat-pusat perdagangan seperti di Barus, Tiku, dan Pariaman.

 Baca Juga :Kisah Kepahlawanan Soekarno (Sang Plokamator Bangsa)
   
Perkembangan Aceh yang begitu pesat dipandang oleh Portugis sebagai ancaman, oleh karna itu pada tahun 1523 Portugis melancarkan serangan ke Aceh, namun beberapa serangan Portugis mengalami kegagalan. Namun Portugis terus berupaya untuk melemahkan posisi Aceh sebagai pusat perdagangan. Bahkan Kapal kapal Portugis selalu mengganggu kapal-kapal Aceh di manapun berada. Tindakan Portugis tidak di biarkan saja oleh rakyat Aceh yang tetap ingin berdaulat. Aceh berupaya melakukan perlawanan dengan persiapan:
1. Melengkapi kapal dagang Aceh dengan persenjataan
2. Mendatangkan bantuan persenjataan, sejumlah pasukan, dan beberapa ahli dari Turki pada tahun 1567
3. Mendatangkan bantuan persenjataan dari Kalikut dan Jepara.

   Setelah beberapa persiapan selesai Aceh mulai melancarkan serangan terhadap Portugis, Portugis harus bertahan mati-matian di benteng formosa, semua kekuatan telah dikerahkan dan serangan Aceh tersebut berhasil digagalkan oleh Portugis. Pada tahun 1569 Portugis melakukan serangan balasan terhadap Aceh namun serangan ini dapat di gagalkan juga oleh pasukan Aceh.
  Sementara itu Belanda juga ingin mendapatkan keuntungan perdagangan di wilayah Sumatera, oleh karena itu VOC harus bersaing dengan Portugis dan harus mendapat ijin dari Aceh. Padahal Aceh dikenal sangat anti terhadap dominasi dan para pedagang asing. Terkait oleh hal itu maka para pedagang Belanda melalui Maurits pernah berkirim surat kepada Raja Aceh,  Alauddin tanggal 23 Agustus 1601. Surat tersebut banyak berisi pujian pujian terhadap Raja Aceh dan menjelek-jelekkan Portugis. Dengan surat tersebut ternyata Sultan Aceh menerima kehadiran Belanda, bahkan VOC di beri ijin untuk membuka loji di Tiku.

 Baca Juga: Kata Kata Pak Soekarno Yang Menggemparkan



 Semangat Aceh tak pernah padam untuk mengusir Portugis. Pada masa Sultan Iskandar Muda (1607-1639) semangat juang mempertahankan tanah air semakin meningkat. Bahkan masa pemerintahan ini mulai memutuskan hubungan dan menolak kehadiran VOC. Sultan Iskandar Muda adalah raja yang gagah berani dan bercita-cita mengenyahkan penjajahan asing.
   Dalam rangka melawan Portugis, Sultan Iskandar Muda berusaha melipatgandakan kekuatan pasukannya. Setelah mempersiapkan pasukannya,  pada tahun 1629 Iskandar Muda melancarkan serangan ke Malaka, Portugis sangat kewalahan menghadapi serangan ini, namun serangan Aceh kali ini belum bisa mengusir Portugis dari tanah Malaka. Namun pada tahun 1641 VOC berhasil mengusir Portugis dari Malaka dan bersekutu dengan kesultanan Johor.


Nah itulah kisah singkat tentang perlawanan rakyat Aceh semoga dapat bermanfaat :) Terima kasih
Wassalamu'alaikum wr.wb

Share this

Related Posts

First

1 komentar:

komentar
July 10, 2018 at 5:42 PM delete

http://reretaipan88.blogspot.com/2018/07/asiataipan-taipanqq-taipanbiru-bikin.html

Taipanbiru
TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
BandarQ
AduQ
Capsasusun
Domino99
Poker
BandarPoker
Sakong
Bandar66

Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : E314EED5

Daftar taipanqq

Taipanqq

taipanqq.com

Agen BandarQ

Kartu Online

Taipan1945

Judi Online

AgenSakong

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan bijak, jangan gunakan kata kata yang menjurus ke permusuhan, dan jangan saling memaki. Pererat Tali Persaudaraan