Pengertian Nasionalisme Yang Penting Untuk Kemajuan Bangsa




Assalamu'alaikum wr.wb
Merdeka!!!

 Pengertian Nasionalisme Yang Penting Untuk Kemajuan Bangsa - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas arti nasionalisme yang penting untuk di tanamkan pada generasi muda saat ini.

  Nasionalisme sendiri memiliki banyak makna, ada yang berpendapat bahwa nasionalisme adalah suatu paham untuk mencintai bangsa dan negara atas dasar kewarganegaraan dengan ditanamkannya jiwa patriotisme dan persatuan. Namun ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa nasionalisme adalah suatu paham untuk mempertahankan sebuah wilayah atau negara dengan mewujudkan konsep identitas bersama untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita demi kepentingan nasional. 


Baca Juga :Kisah Menarik R.A Kartini

   Menurut John Hutchinson, nasionalisme merupakan sebuah fenomena budaya daripada politik karena berakar pada etnisitas dan promodern. Meskipun nasionalisme bertransformasi menjadi sebuah gerakan politik, hal tersebut hanya bersifat superfisial karena pada akhirnya dilandasi oleh budaya.
   Jika menurut Hitler, nasionalisme adalah sikap semangat berkorban untuk melawan bangsa lain.
   Sesorang yang dalam dirinya tertanam jiwa nasionalisme disebut nasionalis. Para nasionalis menganggap negara adalah berdasarkan kebenaran politik atau political legitimacy.
   Nasionalisme juga memuat beberapa prinsip, yaitu:
a. Kesatuan
b. Kebebasan
c. Kesamaan
d. Kepribadian
e. Prestasi


Baca Juga :Perlawanan Rakyat Aceh Terhadap Portugis dan VOC



Bentuk-bentuk nasionalisme menurut Retno Listyarti ada 6 bentuk, yaitu:
1. Nasionalisme Kewarganegaraan, dimana negara memperoleh kebenaran politik dari partisipasi aktif rakyatnya. Bentuk nasionalisme ini dibangun oleh Jean Jacques Rousseau.
2. Nasionalisme Etnis, dimana negara memperoleh kebenaran politik dari budaya asal. Keanggotaannya bersifat turun temurun. 
3. Nasionalisme Romantik, dimana negara memperoleh kebenaran politik sebagai suatu yang alamiah dan merupakan ekspresi dari bangsa atau ras.
4. Nasionalisme Budaya, dimana negara memperoleh kebenaran politik dari budaya bersama dan tidak bersifat turun temurun.
5. Nasionalisme Kenegaraan, dimana sebuah komoditas yang memberi konstribusi terhadap pemeliharaan dan kekuatan negara.
6. Nasionalisme Agama, dimana negara memperoleh kebenaran politik dari persamaan agama.


Contoh Penerapan Nasionalisme

  Banyak sekali kan pengertian nasionalisme, tapi dapat kita saimpilkan bahwa nasionalisme adalah paham kebangsaan yang mengandung makna kesadaran dan semangat cinta tanah air. Mengenai pengertian nasionalisme tidak perlu kita pelajari begitu mendalam, yang terpenting adalah pengaplikasian terhadap arti nasionalisme itu sendiri melalui prilaku kita sehari-hari. Mengapa hal tersebut penting kita terapkan? Karena jika seandainya generasi muda saat ini mau menanamkan jiwa nasionalisme, cita-cita Indonesia untuk menjadi negara maju akan terwujud. Ingatlah kembali perjuangan pahlawan Indonesia, mereka telah berjuang untuk bangsa dan negara demi menjadikan Indonesia menjadi negara yang Merdeka dan Berdaulat. Jangan sampai kita menghancurkan perjuangan pahlawan kita dulu, teruskanlah perjuangannya hingga Indonesia menjadi negara yang maju.


Baca Juga :Kisah Laksamana Cheng Ho di Indonesia

Nah itulah bebarapa penjelasan mengenai arti Nasionalisme, semoga dapat kita terapkan, dan semoga bermanfaat terima kasih.

 Wassalamualaikum wr.wb

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
PRP
February 10, 2018 at 3:40 AM delete

Bagus gan (y) zonabacaartikel.blogspot.co.id

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan bijak, jangan gunakan kata kata yang menjurus ke permusuhan, dan jangan saling memaki. Pererat Tali Persaudaraan