4 Pilar Kebangsaan Negara Indonesia



 Merdeka!!!

4 Pilar Kebangsaan Negara Indonesia - Pada pertemuan kali ini saya ingin membahas tentang pilar kebangsaan Negara Indonesia. Pilar kebangsaan Indonesia sendiri terdiri dari 4 pilar, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika. 

1. Pilar Pancasila 
    Pilar utama berdirinya NKRI adalah Pancasila, pasti ada yang bertanya-tanya mengapa Pancasila menjadi pilar utama berdirinya NKRI? Ibarat sebuah bangunan yang megah pasti dibutuhkan pilar penyangga yang kokoh, nah jika kita aplikasikan bangunan itu kedalam NKRI maka pilar penyangga yang kokoh tersebut adalah Pancasila, hal tersebut tidak lepas dari peran Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa. 
    Kita sadar Indonesia merupakan Negara yang besar dan beragam, dan jika kita pelajari nilai-nilai Pancasila kita pasti akan paham mengapa Pancasila menjadi pilar utama berdirinya NKRI.

 Baca Juga :Sejarah Kepahlawanan Kapiten Pattimura

2. Pilar Undang-Undang Dasar 1945
    Pilar kebangsaan yang kedua adalah UUD 1945, untuk dapat memahami UUD 1945 sebagai Pilar kebangsaan diperluk an pemahaman dasar tentang makna Pembukaan UUD 1945. 

3. Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia
    Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan salah satu pilar kebangsaan, dimana ini merupakan bentuk negara RI yang wajib diketahui oleh seluruh warga negara Indonesia.

 Baca Juga :Gambar Tempat Wisata Bersejarah

4. Pilar Bhineka Tunggal Ika 
    Ini meupakan semboyan bangsa Indonesia yang terdapat pada pancasila, tidak dipungkiri lagi Indonesia merupakan negara yang beragam, maka dari itu semboyan tersebut dapat kita jadikan sebuah pilar kebangsaan, yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu.

   Nah itulah 4 pilar negara yang menjadi penegak berdirinya NKRI, untuk dapat memahami secara utuh tentang 4 pilar NKRI perlu pemahaman yang mendalam dari arti per pilar. Semoga bermanfaat :D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
March 2, 2018 at 8:27 PM delete

bermanfaat mas, perbarui terus artikelnya.

Reply
avatar
March 2, 2018 at 9:38 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar

Berkomentarlah dengan bijak, jangan gunakan kata kata yang menjurus ke permusuhan, dan jangan saling memaki. Pererat Tali Persaudaraan